Negara Penghasil Garam Terbesar di Dunia Yang Mencapai Puluhan Juta Metrik Ton

RamsolIndonesia.co.id – Negara penghasil garam memang kerap dijadikan julukan kepada negara yang memang secara angka hasil garam yang diproduksi dalam jumlah yang banyak. Tidak bisa dipungkiri bahwa garam memang  menjadi salah satu komoditas penting di dunia. Hal ini terbukti saat ini dengan terjadinya krisis garam  di Indonesia yang berdampak ke berbagai sektor. Hal ini memang sangat disayangkan mengingat sebenarnya banyak potensi yang bisa dimaksimalkan terlebih lagi Indonesia sebagai negara kepulauan yang punya banyak wilayah lautan. Garam sendiri merupakan  jenis mineral yang mempunyai rasa asin dan berbentuk kristal, padat dan serta  putih. Garam yang dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari pada dasarnya ialah jenis Natrium Klorida (NaCl) yang asalnya dari olahan air laut yang asin. Air Laut yang dikeringkan menggunakan  sinar matahari akan berbentuk butiran-butiran kecil putih yang menyamai kristal. Butiran kecil putih ini kemudian dibersihkan menggunakan air dan dikeringkan lagi sehingga bisa dikonsumsi. Garam dapat dikonsumsi sebagai penambah cita rasa pada makanan pada umumnya disebut dengan Garam Dapur. Nah, ternyata dari sekian banyaknya negara yang ada di dunia, terdapat negara-negara dengan jumlah produksi garam melimpah hingga mencapai puluhan juta metrik ton.

Negara Penghasil Garam Terbesar di Dunia

Negara Penghasil Garam Terbesar di Dunia
Negara Penghasil Garam Terbesar di Dunia

Adapun negara-negara tersebut adalah sebagai berikut:

  1. China

Negara pertama yang menjadi penghasil garam dalam jumlah yang banyak adalah China. Hal ini memang tidak bisa terelakkan lagi karena China bisa memproduksi sampai 70 juta metri ton dalam satu tahunnya. Produksi garam di China telah menyumbang lebih dari 27% dari total produksi garam yang ada di dunia. Pada tahun 2011 saja , melalui perusahaan China National Salt Industry Corporation milik negara, China sudah mampu menghasilkan jumlah terbesar garam  yang ada di meja dunia. Perusahaan tersebut mampu mengendalikan monopoli produksi garam  untuk dimakan di China sejak tahun 1950 yang lalu hingga monopoli dipecah oleh pemerintah pada awal tahun 2016 belum lama ini. Jika dilihat dari garis pantainya China punya panjang garis pantai mencapai 14.500 km lokasinya berada di benua Asia.

  1. Amerika Serikat

Negara kedua penghasil garam terbesar di dunia adalah Amerika Serikat. Dengan jumlah produksi yang mencapai 37, 2 juta ton memang berhasil membawa Amerika berada satu tingkat di bawah China. Produksi garam di Amerika Serikat (AS) sudah mampu menyumbang sekitar 15% dari produksi garam secara global. Hal inilah yang mampu menempatkannya di posisi kedua sebagai negara penghasil terbesar garam di dunia. Tetapi, dari semua produknya, Amerika Serikat  hanya menggunakan 5% dari total garam yang diproduksinya untuk penggunaan garam kelas makanan dan persentase sebsar  95% dari semua garam yang dihasilkannya akan digunakan dalam proses kimia yaitu produksi klorin  dan jalan es deicing.

Baca juga : Peluang Usaha Terbaru

  1. Jerman

Negara selanjutnya yang menjadi penghasil garam  terbesar dunia adalah Jerman. Total produksinya mencapai 11,9 juta metrik ton dalam satu tahun. Tidak mengherankan jika hal ini menjadikan Jerman ada di urutan ketiga negara penghasil garam terbanyak di dunia. Menjadi salah satu raksasa ekonomi yang ada di wilayah Eropa, Jerman sukses memiliki dua area produksi garam utamanya, yakni Reichenhall dan juga Berchtesgaden. Keduanya ini lahir dari teknik produksi garam kuno dan  juga tradisional yang telah berevolusi menjadi fasilitas yang mutakhir. Telah banyak tambang garam lainnya di seluruh negara Jerman yang menghasilkan jumlah lebih sedikit maupun tetap sebagai museum ataupun lokasi tur garam.

  1.  India

Berikutnya ada negara India dengan total jumlah produksi mencapai  17 juta ton.  Tidak mengherankan jika garam india ini masuk dalam deretan negara dengan produksi terbesar yang ada di dunia. Industri garam India mempunyai  berbagai macam dan jumlah sumber. Sebelum tahun 1947, India hanya mampu mengimpor garam terutama dari Inggris untuk bisa memenuhi permintaan domestiknya. Setelah  India mencapai kemerdekaannya, kemudian India naik ke peringkat teratas  untuk negara-negara yang mampu menghasilkan garam paling banyak di dunia. Hal ini tentu saja didukung oleh sumberdaya kelautannya yang sangat  melimpah. Jika ditinjau dari segi kelautan, air garam  subtanah, air garam danau dan  juga deposit garam batu semuanya mendukung produksi garam yang cukup untuk negara India.

  1. Kanada

Berikutnya adalah negara Kanda yang mampu menghasilkan jumlah produksi garam mencapai 10, 8 juta metrik ton dalam setahun. Jumah ini tentu saja mampu membawa Kanada berada di barisan negara-negara dengan jumlah produksi garam terbesar dunia. Kanada mempunyai tambang garam operasi terbesar  yang ada di dunia. Tepatnya terletak di Kota Goderich, hanya sekitar empat jam perjalanan saja dari pusat Kota Toronto.  Tambang Goderich  ini berjarak 533 meter di bawah tanah. Tambang ini kemudian menghasilkan sebagian besar garam yang kemudian digunakan di jalan dan fasilitas ekstraksi air garam yang kondisinya terpisah menghasilkan garam untuk kelas makanan.

  1. Australia

Negara selanjutnya yang masuk dalam deretan negara penghasil garam terbesar di dunia adalah Australia. Industri pertambangan garam yang ada di Australia memang berpusat di Australia bagian Selatan dan juga Barat. Australia Selatan biasanya mampu  memproduksi hingga 80% dari semua jenis produk garam yang ada di negaranya. Meskipun begitu, karena adanya ranjau di Western Australia telah meningkat, maka produksi garam  telah didistribusikan hampir sama di antara kedua wilayah  yang di Australia. Total produksi garam yang ada di Australia mencapai 10,8 juta metrik ton per tahunnya.

Berbicara mengenai produksi garam yang ada di dunia, memang tidak terlihat bahwa Indonesia tidak masuk ke dalam daftar. Hal ini tentu saja diakibatkan oleh berbagai permasalahan diantaranya seperti:

  • Produktivitas yang rendah
  • Kualitas garam yang kurang baik
  • Harga yang tidak stabil
  • Kompetisi dengan garam impor

Melihat berbagai permasalahan yang terjadi ini, Indonesia tentu tidak tinggal diam. Melalui orang-orang cerdas dan penuh inovasi yang ada di negeri ini akhirnya ditemukanlah formula yang bernama Ramsol yang bisa membuat kualitas garam menjadi lebih baik. Kandungan NaCl yang meningkat tentu saja akan membuat tampilan garam menjadi lebih baik. Lebih dari itu, untuk meningkatkan taraf perekonomian dan potensi bisnis, kami PT Ramsol memberikan peluang investasi melalui kavling garam.

Baca juga : Peluang Usaha Menjanjikan

Apa Keuntungan Beli Kavling Garam?

–        Pertama kavling yang dibeli sudah hak milik. Luasnya berukuran 4 x 25 meter. Kenaikan harga mencapai 20% per tahun akan sangat menguntungkan.

–        Kedua, ditangani oleh tenaga ahli.  Pengelolaan lahan tentunya akan dilakukan oleh tim profesional kami yang telah berpengalaman.

–        Gratis biaya notaris seperti Biaya Balik Nama, Gratis BPHTB, Biaya SHM. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun hingga panen.

–        Keuntungan Bagi Hasil yang akan mendapatkan profit sharing mencapai 6 sampai 12 juta per tahun dan menjadi mitra bisnis kami.

Nah, tunggu apalagi? Dengan harga 35 juta rupiah per kaplingnya, Anda sudah bisa mendapatkan investasi masa depan yang menjanjikan. Telah banyak yang bergabung untuk memperebutkan kesempatan emas ini. Jangan sampai Anda ketinggalan. Jadilah bagian dari pihak yang berusaha membuat Indonesia menjadi salah satu negara penghasil garam terbesar dunia. Segera hubungi kami untuk info lebih lanjut.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Negara Penghasil Garam
Author Rating
51star1star1star1star1star

1 thought on “Negara Penghasil Garam Terbesar di Dunia Yang Mencapai Puluhan Juta Metrik Ton”

Leave a Comment